Rabu, 25 April 2012

fiqh 2


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Sholat Sunnah
Shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan untuk dilakukan oleh orang muslim, sebagai tambahan terhadap sholat wajibnya. Shalat sunnah di syariatkan sebagai komponen untuk menutup kekurangan yang mungkin terjadi di dalam shalat wajib.[1] Sholat Sunnah ialah sholat-sholat yang dianjurkan atau disunnahkan akan tetapi tidak diwajibkan untuk dilaksanakan oleh umat islam, jika meninggalkan maka tiada dosa.[2] Sholat sunnah juga disebut Shalat tathawwu’ disebut juga shalat nafilah atau shalat nawafil.
Sholat nafilah terbagi menjadi dua, yaitu:
1.   Muakkad  adalah sholat sunnah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib), seperti sholat dua hari raya,dan sholat sunnah witir.
2.   Ghairu Muakkad adalah sholat sunnah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti sholat sunnah Rawatib dan sholat sunnah yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan , seperti sholat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana).
B.    Keutamaan Sholat Sunnah
Shalat tathawwu’ ini bilamana dijadikan amalan yang berkesinambungan (mudawamah/berlanjut) akan membawa berbagai manfaat yang besar sekali dalam membangun pribadi muslim yang muhsin. Dan lebih dari semua amalan shalat sunnah kelak di hari hisab (yaumul hisab) akan menjadi reserve atau cadangan kalau sekiranya amalan shalat fardu kita ternyata kurang sempurna pelaksanaannya. Hal ini ditunjukkan oleh hadits Rosulullah saw, yang artinya sebagai berikut.

إ نَّ أَ وَّ لَ مَا يُحَا سَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْ مَ الْقِيَا مَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَا تُهُ: فَإِ نْ صَلَحَتْ فَقَدْ أَ فْلَحَ وَأَ نْجَحَ, وَإِنْ فَسَدَ تْ فَقَدْ خَا بَ وَخَسِرَ, فَإِ نِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِ يْضَتِهِ شَيْئًا قَا لَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ : اُنْظُرُ وْاهَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّ عٍ فَيُكَمَّلُ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ اْلفَرِ يْضَةِ ثُمَّ تَكُوْ نُ سَا ئِرُ أَ عْمَا لِهِ عَلَى هَذَا (رواه ا لتر مذ ى عن أ بى هر ير ة)  

“Sesunggguhnya yang pertama kali dihisab (diperhitungkan) pada seorang hamba dihari kiamat dari amal perbuatannya ialah amalan sholat. Maka, apabila sempurna pelaksanaannya berarti telah lulus dan beruntung. Dan apabila kurang atau rusak maka pasti ia kecewa dan rugi. Dan jikalau terdapat kekurangan dalam shalat fardhunya, Allah pun akan berfirman: perhatikan kalau-kalau hamba-Ku melakukan amalan sholat tathawwu’ maka cukupkanlah dengan sholat tathawwu’nya itu sekedar apa yang terjadi kekurangannya dari sholat fardhu tersebut. Kemudian setelah selesai persoalan sholat, barulah amalan yang lain”. (HR. Turjmudzi dari Hurairah r.a).[3]
Juga berdasarkan Firman Allah sebagai berikut:
ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ÇnûtsÛ Í$pk¨]9$# $Zÿs9ãur z`ÏiB È@øŠ©9$# 4 ¨bÎ) ÏM»uZ|¡ptø:$# tû÷ùÏdõムÏN$t«ÍhŠ¡¡9$# 4 y7Ï9ºsŒ 3tø.ÏŒ šúï̍Ï.º©%#Ï9 ÇÊÊÍÈ
"Dan Dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (Huud [11]:114)
z`ƒÏ%©!$#ur šcqçGÎ6tƒ óOÎgÎn/tÏ9 #Y¤fß $VJ»uŠÏ%ur ÇÏÍÈ                        
"Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka."[4] (Furqaan [25]: 64)
y7t7=s)s?ur Îû tûïÏÉf»¡¡9$# ÇËÊÒÈ
Dan (melihat pula) perobahan gerak badanmu di antara orang-orang yang sujud.(Asy-Syuaraa [26]: 219)

عَنْ رَبِيْعَةَ بْنِ مَا لِكِ الْأَ سْلَمِىَّ رَ ضِىَ ا لله عَنْهُ قَا لَ : قَا لَ لِى ا لنَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم : "سَلْ" فَقَلْتُ : اَسْأَ لُكَ مُرَ افَقَتَكَ فِى اْلجَنَّةِ فَقَالَ: "أَ وْغَيْرَذَلِكَ " فَقَلَتْ: هُوَذَاكَ قَالَ : "فَأَ عِنَّى عَلَى  نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُوْدِ" رَوَاهُ مُسْلِمْ .

Dari Rabi’ah bin Malik Al Islami ra., ia berkata: “Nabi saw. telah bersabda kepadaku: “Mintalah (padaku). “Maka aku menjawab, “Aku memohon dapat menyertai  baginda dalam surga.”  Kemudian beliau bertanya: ”Adakah permintaan yang lain?” Aku menjawab: “Hanya itu permohonanku.” Lalu beliau bersabda: “Bantulah aku untuk mendo’akan dirimu dengan memperbanyak sujud.” (HR. Muslim).[5]

Kandungan Hadits:
1.     Disunahkan memperbanyak sujud di luar shalat menurut imam Shadiq Hasan.
2.     Hamba boleh meminta Tuhan untuk menemani Nabi saw di surga.
3.     Penghormatan Nabi kepada pembantu.
4.     Keluhuran jiwa Rabiah ra.
5.     Banyak melakukan ibadah sunnah adalah usaha untuk meraih derajat tertinggi di surga menurut Penyusun dan lainnya.

C.    Pembagian Sholat Sunnah
Secara umum sholat sunnah itu bermacam-macam:
1.     Ada yang disyariatkan berjamaah seperti sholat tarawih, sholat istisqa’, sholat kusuf, dan sholat ied.
2.     Ada yang tidak disyariatkan berjamaah seperi sholat istikharah.
3.     Ada yang mengikuti sholat fardu seperti sunnah rawatib.
4.     Ada yang tidak mengikuti yang lain seperti sholat dhuha.
5.     Ada yang mempunyai waktu seperti sholat tahajjud.
6.     Ada yang terkait dengan sebab, seperti tahiyatul masjid, dan dua rakaat wudhu’.
7.     Ada yang mu’akkad seperti sholat ied, istisqa’, kusuf, dan sholat witir.
8.     Ada yang tidak mu’akkad seperti sholat sebelum maghrib dan lainnya.

Adapun sholat sunnah secara khusus (detail) adalah sebagai berikut:
a.       Sunnah Rawatib
Sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang mengiring-iringi sholat fardu atau sholat yang dilakukan sebelum (qabliyah) atau setelah (ba’diyah) sholat fardu. Sholat sunnah rawatib ini ada yang mu’akkad  (sunnah yang sangat kuat) dan ghairu mu’akkad  (sunnah yang tidak kuat).
1.        Mu’akkad
            Muakkad  adalah sholat sunnah yang dianjurkan dengan penekanan yang kuat (hampir mendekati wajib), seperti sholat dua hari raya, dan sholat sunnah witir.

وَعَنْ اُمُّ حَبِيْبَةَ اُمَّ اْلمُؤْمِنِيْنَ رَضِىَ الله عَنْهَا قَا لَتْ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص  يَقُوْلُ: "مَنْ صَلىَّ ا ثْنَتَى عَشَرَةَ رَ كْعَةً فِىى يَوْ مِهِ وَلَيْلَتِهِ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى اْلجَنَّةِ " رَوَاهُ مُسْلِمٍ وَفِى رِوَايَةٍ "تَطَوُّعًا".

 Dari Ummu Habibah, Ummul Mukminin, ra., ia berkata: “Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat (sunat) 12 raka’at sehari semalam niscaya akan dibangunkan untuknya sebuah gedung di surga.” (HR. Muslim).

وَ لِلتَّرْمِذِ ىَّ نَحْوُهُ وَزَادَ " اَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعِشَا ءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَ ةِ اْلفَجْرِ".

“ Dan menurut riwayat Tirmidzi ada hadits yang serupa dan menambahkan (kata-kata): “Empat raka’at sebelum Zhuhur, dua raka’at sesudahnya, dua raka’at sesudah Maghrib, dua raka’at sesudah Isya’ dan dua raka’at sebelum shalat fajar.”
Yang dimaksud dengan dua belas rakaat itu adalah:
a.      Empat rakaat sebelum dhuhur
    Sholat sunnah rawatib mu’akkad empat rakaat sebelum dhuhur mempunyai fadhilah atau keutamaan dari sholat dhuhur digambarkan  sebagai berikut:

وَلِلْخَمْسَةِ عَنْهَا "مَنْ حَافَظَ عَلَى اَرْبَعٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَاَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّ مَهُ الله تَعَا لَى عَلَى النَّا رِ"

“Menurut riwayat Imam lima dari Ummu Habibah disebutkan: “Barangsiapa yang memelihara empat (raka’at) sebelum Zhuhur dan empat raka’at sesudahnya, niscaya Allah mengharamkan api neraka darinya.”[6]

وَعَنْهَا قَالَتْ : كَا نَ ا لنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ يُصَلِّى فِى بَيْتِى قَبْلَ الظُّهْرِاَرْبَعًا , ثُمَّ يَخْرُ جُ فَيُصَلِّى بِا لنَّاسِ, ثُمَّ يَدْخُلُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ. وَكَانَ يُصَلِّى بِالنَّاسِا اْلَمَغْرِبِ, ثُمَّ يَدْخُلُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ, وَيُصَلِّى بِالنَّاسِا اْلعِشَاءِ , وَيَدْخَلُ بَيْنِى فَيُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ. رَوَاه مُسْلِمْ.

Dari ‘Aisyah ra, dia berkata: “Nabi saw shalat di rumah saya sebelum Dzuhur empat raka’at kemudian keluar lalu shalat dengan memimpin jama’ah kemudian masuk (rumah) dan shalat dua raka’at, dan beliau mengimami jama’ah maghrib lalu masuk (rumah) dan shalat dua raka’at, dan beliau mengimami jama’ah Isya’ lalu masuk rumahnya dan shalat dua raka’at” (HR.  Muslim).[7]

وَعَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ السَّا ئِبِ رَضِيَ الله عَنْهُ , أَ نَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ كَا نَ يُصَلِّى أَ رْبَعَابَعْدَأَ نْ تَزُ وْلَ الشَّمْسَ قَبْلَ الظُّهْرِ وَقَالَ: ,, إِ نَّهَا سَا عَةٌ تُفْتَحُ فِيْهَا أَ بْوَ ابُ السَّمَاءِ, فَاُحِبُّ أَ نْ يَصْعَدَ لِى فِيْهَا عَمَلٌ صَا لِحٌ,, رَوَاهُ التِّرْ مِذِيْ وَقَالَ: حَدِ يْثٌ حَسَنْ.

Dari Abdullah Ibn al-Saib r.a, bahwasanya Rasulullah saw shalat empat raka’at setelah tergelincirnya matahari sebelum Dzuhur dan beliau bersabda: “Sesungguhnya ia adalah saat dibukanya pintu-pintu langit maka saya ingin agar amal salih yang naik pada saat itu” (HR. Tarmidzi, dia berkata : Hadist Hasan)

وَعَنْ عَا ءِ شَةَ رَضِيَ الله عَنْهَاأَ نَّ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ كَا نَ إِ ذَا لَمْ يُصَلِّ أَ رْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ, صَلَّا هُنَّ بَعْدَهَا. رَوَاهُ التِّرْمِذِ يُّ وَ قَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنْ

Dari Aisyah r.a, bahwa Nabi saw apabila beliau belum shalat empat raka’at sebelum Dzuhur beliau menshalatinya sesudah Dzuhur.” (HR. Tirmidzi dia berkata: “Hadist Hasan)

b.     Dua  rakaat setelah dhuhur, dua rakaat setelah magrib, dua rakaat setelah sholat isya’

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: حَفِظْتُ مِنَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ عَشْرَ رَ كَعَا تٍ : رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ هَاوَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلمَغْرِ بِ فِى بَيْتِهِ وَرَ كْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلعِشَاءِفِى بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الصُّبْحِ. مُتَفَقٌ عَلَيْهِ وَفِى رِوَايَةٍ لَهُمَا : وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اْلجُمْعَةِ فِى بَيْتِهِ.

“Dari Ibnu Umar ra., ia berkata: “Aku telah memelihara sepuluh raka’at dari Nabi saw. (yaitu): dua raka’at sebelum Zhuhur, dua raka’at sesudahnya, dua raka’at sesudah Maghrib, dua raka’at sesudah Isya’ di rumah beliau dan dua raka’at sebelum Subuh.” (Muttafaq Alaih). Dan didalam riwayat lain Bukhari dan Muslim menyebutkan: “Dan dua raka’at sesudah Jum’at di rumah beliau.”[8]
c.      Dua rakaat sebelum subuh

وَعَنْ عَا ءِشَةَ رَضِىَ الله عَنْهَا أَ نَّ النَّبِيُّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ لاَ يَدَ عُ أَ رْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ اْلغَدَاةِ . رَوَاهُ اْلبُخَارِىُّ

“Dari Aisyah ra. Bahwasanya Nabi saw. tidak meninggalkan (shalat sunnah) empat raka’at sebelum Zhuhur dan dua raka’at sebelum Shubuh.” (HR. Bukhari)[9]

وَعَنْهَا رَضِىَ الله عَنْهَا قَا لَتْ : لَمْ يَكُنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله اَلَيْهِ وَ سَلَّمْ عَلَى شَيْءٍمِنَ النَّوَ افِلِ أَ شَدَّ تَعَا هُدًا مِنْهُ عَلَى رَ كْعَتىِ اْلفَجْرِ. مُتَّفَقْ عَلَيْهِ

Dari Aisyah ra., ia berkata: “Tidaklah Nabi saw. lebih memperhatikan shalat-shalat sunat daripada shalat sunat dua raka’at fajar.” (Muttafaq Alaih)[10]

وَلِمُسْلِمٍ " رَ كْعَتَا اْلفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّ نْيَا وَمَافِيْهَا ".

Dan menurut riwayat Muslim disebutkan: “Dua raka’at fajar lebih baik daripada dunia beserta isinya.”[11]

2.        Ghairu mu’akkad
Ghairu Muakkad adalah sholat sunnah yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat, seperti sholat sunnah Rawatib dan sholat sunnah yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan , seperti sholat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana).

a.   Dua rakaat sebelum sholat dhuhur dan dua rakaat sesudahnya

 عَنِ ابْنِ عُمَرَرَ ضِىَ الله عَنْهُمَا قَا لَ : صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ هَا . مُتَّفَقْ عَلَيْهِ.

    Dari Ibnu Umar r.a, dia berkata: “Saya shalat bersama Nabi saw dua rakaat sebelum Dzuhur dan dua rakaat sesudahnya.” (HR. Bukhari-Muslim).[12]


b.   Empat rakaat sebelum sholat ashar

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَ بِى طَا لِبٍ رَضِىَ الله عَنْهُ قَا لَ : كَا نَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ يُصَلِّى قَبْلَ اْلعَصْرِ أَ رْبَعَ رَكَعَا تٍ , يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيْمِ عَلَى اْلمَلاَ ءِ كَةِ اْلمُقَرَّ بِيْنَ, وَمِنْ تَبِعَهُمْ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُؤْ مِنِيْنَ. رَوَاهُ التِّرْ مِذِ يُّ وَ قَا لَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ.

Dari Ali Ibn Abi Thalib r.a, dia berkata: “Nabi saw shalat sebelum Ashar empat rakaat, beliau memisahkannya dengan salam kepada para malaikat yang didekatkan da kepada pengikut mereka dari kaum muslimin dan mukminin.” (HR. Tirmidzi ia berkata: “Hadist Hasan”)[13]

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ قَا لَ : ,, رَحِمَ الله امْرَءًا صَلَّى قَبْلَ اْلعَصْرِ أَ رْبَعًا ,,. رَوَاهُ اَبُوْ دَاوُدَوَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ: حَدِيْثٌ حَسَنٌ.

Dari Ibn Umar r.a, dari Nabi saw beliau bersabda: “Allah merahmati seseorang yang shalat sebelum Ashar empat rakaat.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Dia berkata: “Hadist hasan”).
    Shalat sunnah ashar ada yang menyebutkan terdiri dari dua rakaat yang dikerjakan sebelum shalat ashar. Hal ini didasarkan pada hadist Rasulullah saw, yang artinya:

وَعَنْ عِلِيِّ بْنِ أَ بِى طَا لِبٍ رَ ضِيَ ا لله عَنْهُ ، أَنَّ ا لنَّبِيُّ صَلَّى ا لله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ كَا نَ يُصَلِّى قَبْلَ اْلعَصْرِ رَ كْعَتَيْنِ. رَوَاهُ أَ بُوْ دَاوُدَبِاِ سْنَا دٍ صَحِيْحٍ.

Dari Ali Ibn Abi Thalib r.a, bahwa Nabi saw shalat sebelum Ashar dua rakaat.[14]

c.   Dua rakaat sebelum sholat magrib

وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مُغَفَّلٍ اْلمُزَ نِىِّ رَضِىَ الله عَنْهُ قَا لَ : قَالَ رَسُوْ لُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ: "صَلُّوْا قَبْلَ اْلمَغْرِبِ "ثُمَّ قَا لَ فِى الثَّالِثَةِ "لِمَنْ شَاءَ" كَرَاهِيَةَ أَنْ يَتَّخِذَ هَا النَّاسُ سُنَّةً. رَوَاهُ اْلبُخَارِىُّ.

Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzanni ra., ia berkata: “Rasulullah saw. bersabda: “Shalatlah sunat sebelum Maghrib, shalatlah sunat sebelum Maghrib.” Kemudian beliau bersabda yang ketiga kalinya: “Bagi yang menghendaki, “karena beliau khawatir orang-orang akan menjadikannya sunnah.” (HR. Bukhari).

وَفِى رِوَايَةٍ اِلْاَبْنُ حِبَّانَ أَ نَّ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ صَلَّى قَبْلَ اْلمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ.

Dan dalam riwayat Ibnu Hibban bahwasanya Nabi saw. melakukan shalat sebelum Maghrib dua raka’at.

وَعَنْهُ قَالَ : كُنَّا بِاْلمَدِ يْنَةِ فَاِ ذَا أَ ذَّ نَ اْلمُؤَ ذِّ نُ لِصَلَا ةِ اْلمَغْرِبِ, ابْتَدَ رُواالسَّوَارِيَ, فَرَكَعُوْا رَكْعَتَيْنِ, حَتَّى إِ نَّ الرَّجُلَ اْلغَرِيْبَ لَيَدْ خُلُ اْلمَسْجِدِ فَيَحْسَبُ أَ نَّ الصَّلاَ ةَ قَدْ صُلِّيَتْ مِنْ كَثْرَ ةِ مَنْ يُصَلِّيْهِمَا . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.  

Dari Anas r.a, dia berkata: “Kami di Madinah, apabila muadzin shalat maghrib selesai adzan mereka berebut tiang-tiang masjid lalu shalat dua rakaat, hingga orang yang asing ketika masuk masjid ia mengira bahwa shalat maghrib telah dimulai karena banyaknya orang yang shalat Qabliyah maghrib.” (HR. Muslim)[15]

b.       Shalat Tahiyatul Masjid
        Shalat sunnah dua rakaat yang dilakukan oleh seseorang sebelum memasuki masjid sebagai rasa penghormatan terhadap masjid, dan sebelum dirinya duduk di dalam masjid. Sebagai tempat suci, masjid patut dihormati oleh muslim yang akan melakukan aktifitas ibadah di tempat itu.

Di dalam hadist diterangkan:

عَنْ أَ بِى قَتَا دَةَ رَضِيَ ا لله عَنْهُ قَا لَ : قَالَ رَسُوْ لُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلّمْ :,, إِ ذَادَ خَلَ أَ حَدَ كُمُ اْلمَسْجِدَ , فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ,, . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

”Apabila salah seorang dari kamu masuk ke dalam masjid maka janganlah dia duduk sampai melaksanakan sembayang dua rakaat.”(HR. Bukhari dan Muslim dari Abi Qatadah).

وَعَنْ جَا بِرٍ رَ ضِىَ الله عَنْهُ قَا لَ : أَ تَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ وَهُوَ فِى اْلمَسْجِدِ فَقَا لَ : ,, صَلِّ رَ كْعَتَيْنِ ,, . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

Dari Jabir r.a, dia berkata: “Saya mendatangi Nabi saw, ketika beliau ada di Masjid maka beliau bersabda: ‘Shalatlah dua rakaat’ (HR. Bukhari-Muslim)

c.      Shalat Dhuha
        Shalat Dhuha adalah shalat sunnat yang dilakukan seorang muslim ketika matahari sedang naik, yaitu kira-kira mulai naik, yaitu kira-kira, ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah rakaat shalat dhuha bisa dengan 2,4,8 atau 12 rakaat. Dan dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam.[16]

قَا لَ رَسُوْ لُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَا مَى مِنْ أَ حَدِ كم صد قة , فكل تسبيحة صد قة , وكل تحميد ة صدقة, وكل تهليلة صد قة , وكل تكبير ة صد قة , وأ مر با لمعر وف صدقة , ونهى عن المنكر صدقة , ويجز ي من ذ لك ركعتا ن ير كعهما من الضحى. رواه مسلم

        Dari Abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi SAW. bersabda: “Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan Lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat dhuha diberi pahala”. (HR. Muslim).

قَا لَ رَ سُوْ لُ اللهِ صَلىَّ ا للهِ عَلَيْهِ وَ سَلَّمْ : مَنْ حَا فَظَ عَلَى شَفَعَةِ ا لضُّحَى غُفِرَ ا لَهُ ذُ نُوْ بُهُ وَ إِ نْ كَا نَتْ مِثْلَ زَ بَدِ اْ لبَحْرِ.(رواه ا لترمذ ي)

        Dalam hadist lain disebutkan, “Siapa pun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi).[17]

وعن عا ئشة رضى الله عنها قا لت : كا ن رسو ل الله صلى الله عليه و سلم يصلى ار بعا ويز يد ما شا ءالله ,, رواه مسلم

             Aisyah r.a, berkata, “Rasulullah Saw biasanya mengerjakan shalat dhuha empat rakaat dan menambah seperti yang dikehendaki Allah.” (HR.  Muslim).

وعن انس رضى الله عنه قا ل : قا ل رسول الله صلى الله عليه و سلم : من صلى الضحى اثنتى عشر ة ر كعة بنى الله له قصر ا فى الجنة . رواه التر مذ ى واستغر به .

            Anas r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda, Barangsiapa yang melakukan shalat Dhuha dua belas rakaat, niscaya Allah membangunkan sebuah istana baginya di surga.” (Hadist gharib diriwayat oleh Tirmidzi).

وعن عا ئثة ر ضى الله عنها قا لت : د خل ر سو ل الله صلى الله عليه وسلم بيتى فصلى الضحى ثما نى ركعا ت . رواه ابن حبا ن فى صحيحه.
        Aisyah r.a, berkata, Rasulullah Saw., masuk ke rumahku. Kemudian beliau mengerjakan shalat Dhuha delapan rakaat.” (HR. Ibnu Hibban dalam kitab sahih-nya).[18]

d.     Sholat Wudhu
        Disunnahkan melakukan shalat sunnah sesudah wudhu dengan jumlah rakaat yang tidak dibatasi. Shalat ini dapat dilakukan dengan dua rakaat, empat rakaat, enam rakaat ataupun delapan rakaat. Hal ini diisyaratkan pada hadits dara Bilal yang menyatakan bahwa ia mengerjakan shalat sesudah wudhu sekuat kadar kemampuannya.

عن أ بى هر ير ة ر ضى الله عنه , أ ن ر سو ل الله .ص.م , قا ل لبلا ل : "يا بلا ل حد ثني با ر جى عمل عملته فى ا لا سلا م, فا نى سمعت د ف  نعليك بين يدد ي فى ا لجنة" قا ل : ما عملت عملا أ ر جى عند ي من أ نى لم أ تطهر طهو ر ا فى سا عة من ليل أ و نها ر إ لا صليت بذ لك ا لطهو ر ما كتب لى أ ن أ صلي . متفق عليه. و هذا لفظ ا لبخا ر ري.

Dari Abu Hurairah r.a , bahwa Rasulullah saw bersabda kepada Bilal: “Hai Bilal ceritakan kepadaku satu amalan yang paling kamu harapkan (pahalanya) yang pernah kamu amalkan di dalam Islam; karena saya mendengar suara kedua sandalmu dihadapanku di dalam surga “Dia menjawab: ”Saya tidah pernah melakukan suatu amalan yang lebih saya harapkan (pahalanya) dari pada saya setiap kali berwudhu kapan saja di waktu malam ataupun siang dengan wudhu itu saya pasti melakukan sholat yang ditetapkan bagi saya untuk sholat.” (HR.Bukhari –Muslim) ini adalah lafazh Bukhari. 

e.     Sholat Tahajjud
Sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, di mulai selepas isya’ sampai menjelang subuh. Oleh karena itu, sholat tahajjud juga disebut dengan “ Qiyamul lail”.[19]

ÉOÏ%r&ur no4qn=¢Á9$# ÇnûtsÛ Í$pk¨]9$# $Zÿs9ãur z`ÏiB È@øŠ©9$# 4 ¨bÎ) ÏM»uZ|¡ptø:$# tû÷ùÏdõムÏN$t«ÍhŠ¡¡9$# 4 y7Ï9ºsŒ 3tø.ÏŒ šúï̍Ï.º©%#Ï9 ÇÊÊÍÈ
“Dan Dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” (Huud [11]:114)
z`ÏBur È@ø©9$# ô¤fygtFsù ¾ÏmÎ/ \'s#Ïù$tR y7©9 #Ó|¤tã br& y7sWyèö7tƒ y7/u $YB$s)tB #YŠqßJøt¤C ÇÐÒÈ

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Labels

followers